Multimedia adalah sebuah perubahan cara berkomunikasi satu sama lain.
Misalkan dalam hal mengirim dan menerima informasi, kini lebih efektif
dilakukan dan lebih mudah dipahami. Dengan elemen-elemen multimedia kini telah
memperkuat informasi yang akan didapatkan. Multimedia adalah penggunaan berbagai
jenis media (teks, suara, grafik, animasi dan video) untuk menyampaikan
informasi, kemudian ditambahkan elemen atau komponen interaktif.
Berikut ini penjelasan elemen atau komponen multimedia yaitu:
TEKS
Teks adalah suatu kombinasi huruf yang membentuk satu kata atau
kalimat yang menjelaskan suatu maksud atau materi pembelajaran yang dapat dipahami
oleh orang yang membacanya. Teks tidak bisa dipisahkan dalam penggunaan
komputer. Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia.
Multimedia menyajikan informasi kepada pengguna dengan cepat, karena tidak diperlukan
membaca secara rinci dan teliti. Teks adalah bentuk data multimedia yang paling
mudah disimpan dan dikendalikan. Teks dapat membentuk kata atau narasi dalam
multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan
aplikasi multimedia. Teks digunakan untuk menjelaskan gambar. Penggunaan teks
pada multimedia perlu memperhatikan penggunaan jenis huruf, ukuran huruf, dan style hurufnya (warna,
bold, italic).
GRAFIK
Grafik merupakan komponen penting dalam multimedia. Grafik berarti
juga gambar (image, picture, atau drawing). Gambar merupakan sarana yang tepat untuk menyajikan informasi,
apalagi pengguna sangat berorientasi pada gambar yang bentuknya visual (visual oriented). Manusia
berorientasi pada visual, sehingga informasi yang menggunakan gambar, animasi
dan video lebih mudah dicerna dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks.
Namun informasi dalam bentuk teks seperti buku, brosur dan lain-lain tidak akan
ditinggalkan karena diperlukan untuk melengkapinya, yaitu bila ingin memahami
dan mempelajari dengan rinci dan teliti.
GAMBAR (IMAGES ATAU VISUAL DIAM)
Gambar merupakan penyampaian informasi dalam bentuk visual. Gambar
menurut Agnew dan Kellerman (1996) adalah gambar dalam bentuk garis (line drawing),
bulatan, kotak, bayangan, warna dan sebagainya yang dikembangkan dengan
menggunakan perangkat lunak agar multimedia dapat disajikan lebih menarik dan
efektif. Gambar atau images berarti pula gambar raster (halftone drawing), seperti
foto. Elemen gambar digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu dengan lebih jelas.
Gambar digunakan dalam presentasi atau penyajian multimedia karena lebih menarik
perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat
meringkas data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar
juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan
opsi/pilihan yang bisa dilakukan. Gambar dimanfaatkan antara lain untuk membuat
basis data yang efektif dan mudah ditampilkan. Untuk itu sangat memerlukan
ruang penyimpanan yang besar. Itulah sebabnya aplikasi multimedia disimpan
dalam media penyimpanan yang cukup besar kapasitasnya seperti DVD ROM.
VIDEO (VISUAL GERAK)
Video pada dasarnya adalah alat atau media yang dapat menunjukkan
simulasi benda nyata. Agnew dan Kellerman (1996) mendefinisikan video sebagai
media digital yang menunjukkan susunan atau urutan gambar-gambar bergerak dan
dapat memberikan ilusi/fantasi. Video juga sebagai sarana untuk
menyampaikan informasi yang menarik, langsung dan efektif. Video pada
multimedia digunakan untuk menggambarkan suatu kegiatan atau aksi. Video
menyediakan sumberdaya yang kaya
dan hidup bagi aplikasi multimedia.
ANIMASI
Animasi adalah suatu tampilan yang menggabungkan antara media teks,
grafik dan suara dalam suatu aktivitas pergerakan. Neo & Neo (1997)
mendefinisikan animasi sebagai satu teknologi yang dapat menjadikan gambar yang
diam menjadi bergerak kelihatan seolah-olah gambar tersebut hidup, dapat
bergerak, beraksi dan berkata. Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan
komputer untuk menciptakan gerak pada layer. Animasi digunakan untuk
menjelaskan dan mensimulasikan sesuatu yang sulit dilakukan dengan video.
AUDIO (SUARA, BUNYI)
Audio didefinisikan sebagai macam-macam bunyi dalam bentuk digital
seperti suara, musik, narasi dan sebagainya yang bisa didengar untuk keperluan
suara latar, penyampaian pesan duka, sedih, semangat dan macam-macam
disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Disisi lain audio juga dapat
meningkatkan daya ingat serta bisa membantu bagi pengguna yang memiliki
kelemahan dalam penglihatan. Penggunaan suara pada multimedia dapat berupa
narasi, lagu, dan sound effect. Biasanya narasi ditampilkan bersama-sama dengan foto atau teks untuk
lebih memperjelas informasi yang akan disampaikan. Jika personal komputer (PC)
multimedia tanpa bunyi, maka bukan multimedia namanya melainkan hanya disebut unimedia. Bunyi dapat ditambahkan
dalam multimedia melalui suara, musik, atau efek-efek suara.
INTERAKTIVITAS
Elemen ini sangat penting dalam multimedia interaktif. Elemen lain
seperti teks, suara, video dan foto dapat disampaikan dimedia lain seperti TV
dan VCD player, tetapi elemen interaktif hanya dapat ditampilkan di komputer.
Elemen ini sangat memanfaatkan kemampuan komputer sepenuhnya. Aspek interaktif
pada multimedia dapat berupa navigasi, simulasi, permainan dan latihan. Apabila
dalam suatu aplikasi multimedia, pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan
untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, maka multimedia itu disebut dengan Interactive Multimedia.
Apabila dalam aplikasi multimedia disediakan struktur dari elemen terhubung
yang dapat dikendalikan oleh pengguna, maka Interactive
Multimedia tersebut menjadi Hypermedia.
Copyright © 2013 Pengertian Definisi All Rights Reserved. WP by Pengertiandefinisi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar